Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MAN
Abstract
Orang tua yang memiliki pendidikan tinggi terkadang terlalu sibuk dengan aktivitasnya mencari nafkah sehingga memungkinkan mereka untuk tidak terlibat lebih jauh dalam pendidikan anaknya dan berdampak pada kurang berhasil dalam mendidik anak-anaknya. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui apakah ada hubungan antara tingkat pendidikan orang tua dengan hasil belajar matematika siswa kelas XI MAN Kotabaru. Jenis penelitian yang digunakan penulis ialah penelitian ex post facto adalah suatu fakta, yaitu penelitian yang dilakukan setelah suatu kejadian itu terjadi. Hasil penelitian yang didapat kategori lulusan SD sebesar 53 orang (70.67%). Kategori lulusan SMP sebesar 31 orang (41,34%). Kategori lulusan SMA sebesar 41 orang (54.67%). Dan kategori lulusan Perguruan Tinggi sebesar 8 orang (10,66%) yaitu untuk SI sebesar 6 orang (8%) dan DII sebesar 2 orang (2.66%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa rata-rata Pendidikan Orang Tua terbesar termasuk dalam kategori lulusan SD yaitu 53 orang (70.67%). Setelah dilakukan pedoman penskoran, maka dapat dilinat hasil tingkat pendidikan orang tua berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa di hasil korelasi antara variabel X (tingkat pendidikan orang tua) dengan Variabel Y (hasil belajar matematika) dapat diketahui nilai korelasinya sebesar -0.098 maka dapat diketahui bahwa tingkat pendidikan orang tua dan hasil belajar matematika siswa di Kelas XI IPA MAN Kotabaru adalah tidak ada korelasi. Berdasarkan uji signifikan maka didapat nilai signifikan lebih dari 0.05 sebesar 0.401 (0,401 > 0,05)