PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 5 KOTABARU

  • Faisal Batennie Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Paris Barantai

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 5 KotabaruTahun Pelajaran 2018/2019. (2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Direct Instruction terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 5 Kotabaru Tahun Pelajaran 2018/2019. (3) Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara hasil belajar matematika siswa yang diterapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan hasil belajar matematika siswa yang diterapkan model Direct Instruction. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen, dengan pendekatan kuantitatif. Metode eksperimen yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengadakan manipulasi terhadap objek penelitian serta adanya control. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen karena adanya manipulasi perlakuan antara dua kelas dimana kelas yang satu mendapat pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dan kelas yang satunya lagi mendapatDirect Instruction.Pada akhir pembelajaran nanti, kedua kelas tersebut diberi tes untuk mengetahui apakah ada perbedaan dalam hasil belajarnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan Direct Instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat diketahui dari nilai rata-rata posttest lebih tinggi dari nilai pretest dan hasil rata-rata niali posttest kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol

 

Kata Kunci : Teams Games Tournament (TGT), Hasil Belajar.

Published
2019-09-30
How to Cite
Batennie, F. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 5 KOTABARU. CENDEKIA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN, 7(2), 151-160. https://doi.org/10.33659/cip.v7i2.129