PENGARUH PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MAHASISWA STKIP PARIS BARANTAI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar matematika pada Mahasiswa Semester IV STKIP Paris Barantai. Metode yang digunakan adalah ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi Pendidikan Matematika STKIP Paris Barantai, sedangkan sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2016 sampai 2018 yang berjumlah 119 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket respon mahasiswa dan data dari nilai ujian akhir semester. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial. Dari hasil analisis pergaulan teman sebaya berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika Mahasiswa Program Studi Matematika STKIP Paris Barantai.
Kata Kunci: Pergaulan Teman Sebaya, Prestasi belajar matematika.