Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Gaya Kognitif dengan Model Problem Based Learning

  • Agus Syarifuddin Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Paris Barantai

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari dari kognitif dengan model problem Based Learning, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu penelitian yang dimaksudkan untuk menyelidiki keadaan, kondisi atau hal lain-lain yang sudah disebutkan, yang hasilnya dipaparkan dalam bentuk laporan penelitian.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan gaya kognitif field dependent berkategori baik pada tahap memahami masalah dan memeriksa kembali, berkategori cukup pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian, dan berkategori kurang pada tahap merencanakan penyelesaian, 2. Kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan gaya kognitif field independent berkategori baik pada tahap memeriksa kembali, berkategori cukup pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian  berkategori kurang pada tahap memahami masalah dan merencanakan penyelesaian, 3. Kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan model pembelajaran Problem Based Learning mencapai ketuntasan secara klasikal.

 

Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Gaya Kognitif, Problem Based Learning.

Published
2020-03-30
How to Cite
Syarifuddin, A. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Gaya Kognitif dengan Model Problem Based Learning. CENDEKIA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN, 8(1), 1-9. https://doi.org/10.33659/cip.v8i1.145