HUBUNGAN PENDIDIKAN ORANG TUA DENGAN MINAT MELANJUTKAN KULIAH

  • Agus Syarifuddin Jurnal

Abstract

Minat anak untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, akan sia-sia tanpa dukungan kemampuan orang tua untuk memotivasi anak melanjutkan sekolah. Minat anak untuk melanjutkan sekolah tinggi akan menurun dengan melihat keadaan orang tua yang tidak memungkinkan, maka anak akan memutuskan berhenti sekolah dan mencari pekerjaan untuk membantu ekonomi keluarga.

tujuan penelitian untuk mengetahui apakah ada hubungan antara minat siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi dengan tingkat pendidikan orang tua. Jenis penelitian yang digunakan penulis ialah studi kasus dan variable-variabel yang membatasi dalam tempat tertentu. Oleh karenanya kesimpulan yang dihasilkan dari penelitian ini berlaku terbatas pada subjek dan objek yang diteliti. Penelitian ini menggunakan Desaint Deskriptif Kualitatif Dari hasil koefisien korelasi yang dapat lihatĀ  pada tabel diatas menyatakan bahwa nilai signifikansi 0.401 > 0.05 dengan koefisien korelasi sebesar -0.098 maka dapat disimpulkan bahwa berada pada kategori "tidak ada korelasi". jadi tidak dapat di klasifikasikan pada kriteria tingkal hubungan (koefisien korelasi) yang telah di tetapkan.

Published
2020-09-18
How to Cite
Syarifuddin, A. (2020). HUBUNGAN PENDIDIKAN ORANG TUA DENGAN MINAT MELANJUTKAN KULIAH. CENDEKIA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN, 8(2), 104-112. https://doi.org/10.33659/cip.v8i2.156