MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI LIMIT FUNGSI TRIGONOMETRI MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI KELAS XII IPS 4 SMA NEGERI 2 KOTABARU SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • Mukhsin Mukhsin

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Bagaimana pemahaman dan hasil belajar peserta didik pada mapel Matematika Materi tentang limit fungsi trigonometri peserta didik Kelas XII IPS 4 SMA Negeri 2 Kotabaru Tahun Pelajaran 2019/2020 sebelum menggunakan pendekatan pembelajaran discovery learning. Bagaimana pemahaman dan hasil belajar peserta didik pada mapel Matematika materi tentang limit fungsi trigonometri peserta didik Kelas XII IPS 4 SMA Negeri 2 Kotabaru Tahun Pelajaran 2019/2020 sesudah menggunakan pendekatan pembelajaran discovery learning. Apakah penggunaan pendekatan pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar peserta didik pada mapel Matematika materi tentang limit fungsi trigonometri. Pendekatan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif kuantitatif. Pada siklus I Jumlah Tuntas Belajar mencapai 22 peserta didik, nilai rata-rata 75,83 Artinya pendekatan pembelajaran discovery learning efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar peserta didik pada materi limit fungsi trigonometri. Pada siklus II Jumlah Tuntas Belajar mencapai 27 peserta didik, nilai rata-rata 82,77. Artinya pendekatan pembelajaran discovery learning efektif di gunakan untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar peserta didik pada materi limit fungsi trigonometri. Hasil observasi menunjukkan skor 124 Artinya pemahaman belajar peserta didik tinggi.

 

KataKunci: Pemahaman Dan Hasil Belajar, Limit Fungsi Trigonometri, Discovery Learning.

Published
2021-03-29
How to Cite
Mukhsin, M. (2021). MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI LIMIT FUNGSI TRIGONOMETRI MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI KELAS XII IPS 4 SMA NEGERI 2 KOTABARU SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020. CENDEKIA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN, 9(1), 113-125. https://doi.org/10.33659/cip.v9i1.193