PENGARUH PUSH UP DAN PULL UP TERHADAP KETEPATAN SERVIS BOLA VOLI SISWA PUTRA SMA NEGERI 1 PULAU LAUT TENGAH

  • Triyogo Triyogo SMP Negeri 6 Kotabaru

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah  mengetahui pengaruh latihan push up terhadap ketepatan servis bawah bola voli pada siswa putra SMA Negeri 1 Pulau Laut Tengah. Mengetahui pengaruh latihan pull up terhadap ketepatan servis bawah bola voli pada siswa putra SMA Negeri 1 Pulau Laut Tengah.  Mengetahui perbedaan pengaruh latihan push up dan pull up terhadap ketepatan servis bawah bola voli pada siswa putra SMA Negeri 1 Pulau Laut Tengah.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen  dengan metode Pre-Experimental designs dikatakan Pre-Experimental designs, karna desain ini belum merupakan eksperimen sungguh-sungguh. Instrument tes yang di gunakan untuk pengukuran awal (pretest) maupun pengukuran akhir (posttest) menggunakan tes keterampilan yaitu dengan tes ketepatan servis bawah. 

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: Latihan push up memberikan pengaruh yang signifikan terhadap ketepatan servis bawah pada siswa. Latihan pull up memberikan pengaruh yang signifikan terhadap ketepatan servis bawah pada siswa. Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara latihan push up dan latihan pull up terhadap ketepatan servis bawah pada siswa. Latihan push up lebih baik dibandingkan dengan latihan pull up dalam meningkatkan ketepatan servis bawah siswa putra SMA Negeri 1 Pulau Laut Tengah.

 

Kata Kunci: Pengaruh Latihan, Push Up dan Pull Up, Ketepan Servis Bola Voli.

Published
2021-09-14
How to Cite
Triyogo, T. (2021). PENGARUH PUSH UP DAN PULL UP TERHADAP KETEPATAN SERVIS BOLA VOLI SISWA PUTRA SMA NEGERI 1 PULAU LAUT TENGAH. CENDEKIA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN, 9(2), 223-234. https://doi.org/10.33659/cip.v9i2.206