ANALISIS FUNGSI DAN MAKNA MANTRA PENGOBATAN SUKU DAYAK MERATUS DESA BATULASUNG KECAMATAN KELUMPANG HULU KABUPATEN KOTABARU

  • Husni Mubarak STKIP Paris Barantai
  • Reska Perawati STKIP Paris Barantai

Abstract

Tujuan penelitian inia dalah(1) Untuk mendeskripsikan Fungsi Mantra Pengobatan  Masyarakat  Dayak Meratus  Desa Batulasung  Kecamatan Kelumpang Hulu Kabupaten Kotabaru. (2) Untuk mendeskripsikan Makna Mantra Pengobatan Masyarakat Dayak Meratus Desa Batulasung Kecamatan Kelumpang Hulu Kabupaten Kotabaru.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yaitu data yang dikumpulkan adalah berupa kata-kata, gambar dan bukan angka.Teknik analisis data menggunakan deskriptif interpretative, yaitu peneliti memaparkan melalui tahapan: transkripsi rekaman data, klasifikasi data, penerjemahan data, dan analisis data.

Hasil pembahasan dari penelitian ini adalah Fungsi   mantra   pengobatan   suku   Dayak   Meratus   Desa   Batu lasung Kecamatan Kelumpang Hulu Kabupaten Kotabaru dapat dikategorikan menjadi dua fungsi, yaitu bersifat individu (digunakan untuk diri sendiri atau hanya dalam keluarga) dan bersifat sosial (digunakan untuk kepentingan dirinya sendiri, tetapi dapat juga digunakan untuk membntu orang lain) sehingga bermanfaat bagi masyarakat banyak.Makna   mantra   pengobatan   suku   Dayak   Meratus   Desa   Batulasung Kecamatan Kelumpang Hulu Kabupaten Kotabaru untuk membantu masyarakat dalam menyembuhkan atau meringankan rasa sakit yang diderita oleh masyarakat.

Kata Kunci: Fungsi  mantrapengobatan dan maknamantrapengobatan

Published
2021-09-14
How to Cite
Mubarak, H., & Perawati, R. (2021). ANALISIS FUNGSI DAN MAKNA MANTRA PENGOBATAN SUKU DAYAK MERATUS DESA BATULASUNG KECAMATAN KELUMPANG HULU KABUPATEN KOTABARU. CENDEKIA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN, 9(2), 235-244. https://doi.org/10.33659/cip.v9i2.207