PENGARUH KEIKUTSERTAAN PESERTA DIDIK DALAM ORGANISASI DAN EKSTRAKULIKULER TERHADAP HASIL BELAJAR DI KELAS X MAN KOTABARU

  • Muhammad Ali STKIP Paris Barantai
  • Sofia Rizqi Norfitriana

Abstrak

Esktrakurikuler dan organisasi diharapkan mampu berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik. Hal ini tidak selalu berdampak positif seperti yang diharapkan. Peserta didik yang aktif dalam kegiatan organisasi dan ekstrakulikuler akan mengurangi waktu belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh keikutsertaan peserta didik dalam organisasi dan ekstrakurikuler terhadap hasil belajar di kelas X MAN Kotabaru, baik pengaruh positif maupun pengaruh negatif. Metode yang digunakan dalam peneitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Instrumen Penelitian dalam penelitian ini antara lain Angket, Wawancara dan Hasil Belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA MAN Kotabaru yang mengikuti organisasi dan ekstrakurikuler. Serta pengambilan sampel secara purposive sampling dari populasi yang tersedia, dalam penelitian ini dipilih sampel sebanyak enam peserta didik. Berdasarkan hasil pengisian angket, serta wawancara terhadap beberapa subjek dan hasil belajar mereka, maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil  belajar tidak dipengaruhi oleh keikutsertaan peserta didik dalam organisasi atau ekstrakulikuler. Namun keaktifan mereka dalam organisasi dan ekstrakurikuler berdampak positif terhadap cara bersosialisasi, mengemukakan pendapat, bertanggung jawab terhadap tugas yang diemban, dan menghargai pendapat orang lain.

 

Kata Kunci: Keikutsertaan Organisasi. Ekstrakurikuler, dan Hasil Belajar.

Diterbitkan
2021-09-14