KONTRIBUSI KEKUATAN OTOT TUNGKAIDAN KOORDINASI MATA-KAKI TERHADAP TENDANGAN KEARAH GAWANG PADA MAHASISWA PENJASKESREK STKIP PARIS BARANTAI

  • M Irfan Hasanuddin Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Khairun Kota Ternate, Maluku Utara
  • M Imran Hasanuddin STKIP Paris Barantai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) adakah kontribusi kekuatan otot tungkaiterhadap tendangan kearah gawang pada mahasiswa penjaskesrek STKIP Paris Barantai (2) adakah kontribusi koordinasi mata-kaki terhadap tendangan kearah gawang pada mahasiswa penjaskesrek STKIP Paris Barantai (3.) adakah kontribusi secara bersama-sama antara Kekuatan otot tungkaidan koordinasi mata-kaki terhadap tendangan kearah gawang pada mahasiswa penjaskesrek STKIP Paris Barantai.

Populasinya adalah mahasiswa penjaskesrek STKIP Paris Barantai yang berjumlah 96.Sampel yang digunakan adalah mahasiswa penjaskesrek STKIP Paris Barantai yang berjumlah sebanyak 30 orang. Teknik penentuan sampel adalah dengan pemilihan secara acak dengan cara undian (Simple Random Sampling). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial melalui program SPSS 22 pada taraf signifikan α 0,05

Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) ada kontribusi kekuatan otot tungkai terhadap tendangan kearah gawang pada mahasiswa penjaskesrek STKIP Paris Barantai, sebesar 31,3% (2) ada kontribusi kordinasi mata-kaki terhadap tendangan kearah gawang pada mahasiswa penjaskesrek STKIP Paris Barantai, sebesar 26,9% (3) ada kontribusi secara bersama-sama antara Kekuatan otot tungkai dan koordinasi mata-kaki terhadap tendangan kearah gawang pada mahasiswa penjaskesrek STKIP Paris Barantai, sebesar 47,6% dengan nilai Fhitung = 12,272  (Pvalue <0,05).

Kata kunci: Kekuatan otot tungkai, Koordinasi Mata-Kaki, Tendangan Ke Gawang

Published
2021-09-14
How to Cite
Hasanuddin, M., & Hasanuddin, M. (2021). KONTRIBUSI KEKUATAN OTOT TUNGKAIDAN KOORDINASI MATA-KAKI TERHADAP TENDANGAN KEARAH GAWANG PADA MAHASISWA PENJASKESREK STKIP PARIS BARANTAI. CENDEKIA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN, 9(2), 271-279. https://doi.org/10.33659/cip.v9i2.210