PEMANFAATAN MEDIA AUDIO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA PADA SISWA KELAS III SDN 1 SUNGAI KUPANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menyimak cerita pada siswa kelas III SDN 1 Sungai Kupang dengan memanfaatkan media audio. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan di SDN 1 Sungai Kupang pada siswa kelas III. Sumber data yang digunakan adalah tempat dan aktivitas siswa pada saat pembelajaran, yaitu ruang kelas dan aktivitas siswa ada saat pembelajaran berlangsung. Dokumen, yaitu materi menyimak, media audio, kurikulum yang berlaku, dan hasil pekerjaan keterampilan menyimak cerita. Subjek penelitian ini adalah pemanfaatan media audio untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita. Prosedur penelitian ini didasarkan pada prosedur penelitian tindakan kelas, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini, yaitu terdapat peningkatan terhadap hasil belajar siswa dan kualitas pembelajaran keterampilan menyimak menggunakan media audio pada siswa kelas III SDN 1 Sungai Kupang, yaitu: Peningkatan nilai rata-rata dari 65,56 dan menjadi 69,04 pada siklus I. Pertemuan kedua 69,47 meningkat menjadi 84,69 pada siklus II . Peningkatan kualitas hasil pembelajaran terjadi dengan meningkatnya jumlah siswa yang mencapai batas ketuntasan. Dari hasil penelitian ini dapat dijadikan rujukan untuk memungkinkan diadakannya penelitian lanjutan guna tercapainya hasil belajar keterampilan menyimak cerita yang lebih baik.
Kata Kunci : Media audio, keterampilan menyimak cerita