MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DALAM MENULIS DESKRIPSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE PADA SISWA

  • Muhammad Ahdar

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas II SDN 2 Baharu Selatan yang merupakan subjek penelitian ditemukan permasalahan dalam pembelajaran, diantaranya aktivitas siswa rendah dan hasil belajar siswa dalam menulis deskripsi rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diterapkan model Picture and Picture dalam pembelajaran menulis deskripsi bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam penerapkan model Picture and Picture. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus penelitian, masing- masing siklus 2 pertemuan. Data penelitian menggunakan data kuantitatif dan kualitatif yang dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Variabel penelitian ini adalah aktivitas siswa dan hasil belajar. Hasil penelitian diketahui bahwa: aktivitas siswa pada siklus I memperoleh jumlah skor rata-rata 25,8 dengan kriteria baik dan pada siklsus II memperoleh jumlah skor rata-rata 29,5 dengan kriteria baik. Keterampilan menulis deskripsi pada akhir siklus I memperoleh nilai rata-rata 72 dan ketuntasan belajar klasikal 72%. Pada akhir siklus II nilai rata-rata 80 dan ketuntasan belajar klasikal 94%. Penerapan model Picture and Picture dapat digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa berupa keterampilan menulis deskripsi.

Kata Kunci: menulis deskripsi, Bahasa Indonesia, Picture and Picture.

Published
2022-03-14
How to Cite
Ahdar, M. (2022). MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DALAM MENULIS DESKRIPSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE PADA SISWA. CENDEKIA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN, 10(1), 74-82. https://doi.org/10.33659/cip.v10i1.220