PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI DENGAN METODE PARAFRASE SYAIR LAGU PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 KOTABARU

  • Salbiana Salbiana

Abstract

Tujuan Penelitian untuk meningkatkan pembelajaran keterampilan menulis teks cerita fantasi (KMTCF) dengan metode parafrase syair lagu (MPSL) di kelas VII SMPN 6 Kotabaru pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini Pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VII SMP Negeri 6 Kotabaru. Tindakan dilaksanakan 6 kali pertemuan dengan rincian 2 kali pertemuan setiap siklus. Data penelitian ini meliputi data perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen penunjang berupa pedoman pengamatan, pedoman wawancara, catatan lapangan, dan kajian dokumen hasil kerja siswa. Analisis data dilaksanakan berdasarkan analisis data model mengalir, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan MPSL dapat meningkatkan pembelajaran KMTCF pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian.  Hasil analisis terhadap kemampuan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran KMTCF dengan MPSL termasuk dalam kualifikasi sangat baik. MPSL mampu menciptakan interaksi kelas yang positif. Guru sebaiknya melaksanakan pembelajaran menulis KMTCF melalui sebuah proses, yakni melalui tahapan pramenulis, pengedrafan, perbaikan, pengeditan, dan pemublikasian, serta memberikan bimbingan kepada siswa pada setiap tahapan tersebut. Kepala sekolah agar senantiasa memberikan motivasi kepada guru untuk melaksanakan pembelajaran dengan metode yang lebih inovatif.

Published
2022-03-14
How to Cite
Salbiana, S. (2022). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI DENGAN METODE PARAFRASE SYAIR LAGU PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 KOTABARU. CENDEKIA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN, 10(1), 93-101. https://doi.org/10.33659/cip.v10i1.222