MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM MENYAJIKAN INFORMASI PENTING TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN KATA TANYA DALAM BENTUK DIAGRAM DI KELAS VIB SDN 1 BATUAH MELALUI MEDIA KARTU KALIMATMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SI

  • Yohanes Sumargo

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam menyajikan informasi penting teks eksplanasi dengan menggunakan kata tanya dalam bentuk diagram di kelas VIB SDN 1 Batuah melalui media kartu kalimat   merupakan salah satu keterampilan untuk menemukan informasi penting dari teks eksplanasi siswa sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyajikan informasi penting teks eksplanasi dalam bentuk diagram dengan media kartu kalimat dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 1 Batuah tahun pelajaran 2021/2022. Untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia cara menyajiakan informasi penting teks eksplanasi dalam bentuk diagram dengan media kartu kalimat di SDN 1 Batuah. Metode penelitian yang penulis gunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara, teknik tes dengan sumber data kelas VIB SDN 1 Batuah tahun ajaran 2021/2022. Penggunakan kartu kalimat dapat meningkatkan  hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam menyajikan informasi penting teks eksplanasi dengan menggunakan kata tanya dalam bentuk diagram  di kelas VI SDN 1 Batuah .

Kata kunci :  informasi, teks eksplanasi, kata tanya, bentuk diagram, kartu kalimat.

Published
2022-03-14
How to Cite
Sumargo, Y. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM MENYAJIKAN INFORMASI PENTING TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN KATA TANYA DALAM BENTUK DIAGRAM DI KELAS VIB SDN 1 BATUAH MELALUI MEDIA KARTU KALIMATMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SI. CENDEKIA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN, 10(1), 113-122. https://doi.org/10.33659/cip.v10i1.224