MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA KONSEP PERPINDAHAN PANAS DENGAN METODE DEMONSTRASI DI SDN MANGGA KECAMATAN KELUMPANG UTARA KABUPATEN KOTABARU

  • Akhmad Hazazi SDN Mangga, Kecamatan Kelumpang Utara Kabupaten Kotabaru

Abstract

Pembelajaran sains akan lebih bermakna apabila menggunakan metode demonstrasi karena siswa dapat melihat secara langsung suatu obyek atau proses terjadinya sesuatu. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah; 1) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa kelas V SDN Mangga Kecamatan Kelumpang Utara Kabupaten Kotabaru pada konsep perpindahan panas dengan metode demonstrasi, 2) Untuk mengetahui bagaimana aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan metode demonstrasi pada konsep perpindahan panas, 3) Untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru dalam menerapkan metode demonstrasi pada konsep Perpindahan Panas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskripif melalui penelitian tindakan kelas dengan mengambil setting penelitian di SDN Mangga Kecamatan Kelumpang Utara Kabupaten Kotabaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa pada pelaksanaan Penelitian dengan nilai rata-rata dari 84 pada siklus I meningkat menjadi rata-rata 96 pada siklus II. Ketuntasan klasikal dari 80% pada siklus I, meningkat menjadi 100% pada siklus II. (2) Hasil Observasi Aktivitas siswa terjadi peningkatan, dari 42,7% keaktifan siswa pada siklus I meningkat menjadi 81,3% pada siklus II. (3) Hasil observasi aktivitas guru dari semua tahapan-tahapan pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi sudah terlaksana dengan sangat baik, karena semua tahapan-tahapan pembelajaran menggunakan metode demonstrasi dilakukan oleh guru.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Demonstrasi, Perpindahan Panas

Published
2022-05-29
How to Cite
Hazazi, A. (2022). MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA KONSEP PERPINDAHAN PANAS DENGAN METODE DEMONSTRASI DI SDN MANGGA KECAMATAN KELUMPANG UTARA KABUPATEN KOTABARU. CENDEKIA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN, 10(1), 178-187. https://doi.org/10.33659/cip.v10i1.231