MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG LUAS BANGUN MELALUI MODEL KOOPERATIF STAD DAN KUIS PADA SISWA KELAS IV SDN PUDI SEBERANG KABUPATEN KOTABARU

  • Sulastri Sulastri SDN Pudi Seberang, Kecamatan Kelumpang Utara Kabupaten Kotabaru

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah; 1) Untuk mengetahui pembelajaran model kooperatif STAD tentang luas bangun dapat meningkatkan semangat dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Pudi Seberang Kabupaten Kotabaru. 2) Untuk mengetahui pembelajaran dengan bermain kuis dapat meningkatkan semangat dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Pudi Seberang Kabupaten Kotabaru. Penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model STAD. Pengambilan data menggunakan metode observasi, tes tulis dan perbuatan, serta dokumentasi. Penelitian dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklus dilakukan perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian; (1) Pembelajaran model kooperatif STAD dapat mendorong siswa untuk belajar tentang luas bangun lebih bersemangat, meningkatkan proses pembelajaran, dan hasil belajar. (2) Hasil penelitian pada siklus I, aktifitas pembelajaran klasikal hanya mencapai 54,22%. Hal ini belum mencapai peningkatan proses pembelajaran yang diharapkan yaitu 60-70%. Pada Siklus II terjadi peningkatan proses pembelajaran klasikal menjadi 66,15% karena mulai ada 4 orang siswa bertanya dan 20 orang siswa mencatat, di mana pada siklus I tidak ada siswa yang bertanya dan mencatat. Proses Pembelajaran kelompok meningkat menjadi 92,85%. Dan Pembelajaran kuis meningkat menjadi 86,16%. Sedangkan hasil belajar mencapai rerata 72,3% dengan 76,92% siswa mencapai 60 - >60.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, STAD, Kuis

Published
2022-05-29
How to Cite
Sulastri, S. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG LUAS BANGUN MELALUI MODEL KOOPERATIF STAD DAN KUIS PADA SISWA KELAS IV SDN PUDI SEBERANG KABUPATEN KOTABARU. CENDEKIA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN, 10(1), 188-201. https://doi.org/10.33659/cip.v10i1.232