PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMA 8 SUB TEMA 1 TENTANG JENIS USAHA EKONOMI MATA PELAJARAN IPS MELALUI METODE ROLE PLAYING KELAS VB SDN 7 DIRGAHAYU KOTABARU
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah; 1) Untuk mengetahui penerapan metode Role Playing dalam meningkatkan hasil belajar siswa materi jenis-jenis usaha ekonomi masyarakat tema 8 sub tema 1 mata pelajaran IPS pada kelas VB SDN 7 Dirgahayu Kec. Pulaulaut Utara Kab. Kotabaru. 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Metode penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri atas empat tahapan diantaranya yakni: yang pertama adalah tahap perencanaan (Planning), kedua yaitu tindakan (acting), ketiga adalah pengamatan (observing) dan yang terakhir yaitu refleksi (reflecting). Hasil penelitian; (1) pada siklus I hasil pengamatan terhadap aktivitas guru mendapatkan nilai sebesar 75 kategori cukup dan siklus II aktivitas guru mengalami peningkatan nilai menjadi 91 sangat baik. Pengamatan terhadap aktivitas siswa juga telah mendapatkan peningkatan dari siklus I yang awalnya mendapatkan nilai 67,5 kategori cukup dan siklus II hasil aktivitas siswa meningkat menjadi 89 kategori baik. (2) Hasil belajar siswa kelas VB telah mengalami peningkatan. Berdasarkan penjelasan tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwasanya penerapan metode Role Playing telah mampu membantu dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VB pada materi Jenis-jenis usaha ekonomi masyarakat mata pelajaran IPS.
Kata Kunci: PTK, Role Playing, Hasil Belajar