MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KOMPETENSI MENENTUKAN KPK DAN FPB MENGGUNAKAN MODEL STAD PADA SISWA KELAS IV SDN 2 KOTABARU HILIR

  • Rusidah Rusidah SD Negeri 2 Kotabaru Hilir Pangeran Kacil Kotabaru, Kalimantan Selatan

Abstract

Pembelajaran dasar-dasar statistik di Sekolah Dasar seringkali menjadi masalah bagi guru, dikerenakan sulitnya menyampaikan konsep-konsep pengolahan data yang memiliki istilah-istilah yang rumit bagi guru SD. Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas guru, siswa dan hasil belajar serta dapat membangun inovasi pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan pengambilan data dilakukan melalui observasi langsung kepada siswa. Hasil penelitian ini adalah: 1) Hasil aktivitas guru selama penelitian mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II pada setiap pertemuan hal ini sesuai dengan langkah-langkah yang dilakukan guru dengan menggunakan pembelajaran Kooperatif Tife STAD pada materi menentukan KPK dan FPB. 2) Hasil aktivitas siswa dalam pembelajaran Kooperatf Tipe STAD pada materi menentukan KPK dan FPB selama penelitian mngalami kemajuan seperti terlihat pada keseriusan siswa dalam menerima pembelajaran, kerjasama siswa dan keberanian siswa mengungkapkan pendapat. 3) Hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II pada penilaian proses belajar dan test ulangan harian, nilai yang didapat siswa secara keseluruhan mengalami peningkatan.

 

Kata Kunci: Kooperatif Model STAD, KPK dan FPB, Hasil Belajar.

Published
2022-09-23
How to Cite
Rusidah, R. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KOMPETENSI MENENTUKAN KPK DAN FPB MENGGUNAKAN MODEL STAD PADA SISWA KELAS IV SDN 2 KOTABARU HILIR. CENDEKIA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN, 10(2), 229-240. https://doi.org/10.33659/cip.v10i2.236