MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR MELALUI PENDEKATAN CTL DI KELAS IV/B SDN 2 RAMPA KECAMATAN PULAULAUT UTARA KABUPATEN KOTABARU

  • Mardiana Mardiana SDN 2 Rampa, Kecamatan Pulaulaut Utara, Kabupaten Kotabaru

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada materi keliling dan luas bangun datar melalui pendekatan CTL di Kelas IV/B SDN 2 Rampa, Kecamatan Pulaulaut Utara, Kabupaten Kotabaru. Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas bangun datar melalui pendekatan CTL. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatann CTL yang dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus tertdiri dari 2 kali pertemuan. Tehnik yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Test digunakan untuk mengukur keberhasilan hasil belajar siswa dan observasi dilakukan untuk mengukur aktivitas siswa dalam pembelajaran. Tehnik analisis data kualitatif dalam penelitian ini dilakukan dengan reduksi data, paparan data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data (1) terjadi peningkatan aktivitas siswa dalam belajar meningkat dari 62,99% kategori baik menjadi 83,93% kategori sangat baikk. (2) Hasil belajar juga terjadi peningkatan  pada  siklus I ketuntasan klasikal adalah 66,67% menjadi 83,33 % dengan rata-rata hasil belajar 67,17 meningkat menjadi 72,83. Penggunaan pendekatan CTL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar  siswa pada materi keliling dan luas bangun datar di  kelas IV/B SDN 2 Rampa Kotabaru, sehinga pendekatan ini dapat digunakan sebagai alternatif dalam pelaksanaan pembelajaran matematika.

Diterbitkan
2022-09-23