PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK

  • Rahmi Yuliana STKIP Paris Barantai
  • Hartini Hartini Pendidikan Matematika, STKIP Paris Barantai Kabupaten Kotabaru
  • Zul Muhammad Hajj Pendidikan Matematika, STKIP Paris Barantai Kabupaten Kotabaru

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah 1)untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berpengaruh terhadap keaktifan belajar matematika peserta didik kelas VII MTsN 2 Kotabaru, 2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif TGT dilihat dari keaktifan belajar matematika peserta didik kelas VII MTsN 2 Kotabaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif yang bersifat eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design dengan Posttest-only Control Design. Sampel pada kelas eksperimen berjumlah 37 orang dan pada kelas kontrol berjumlah 37 orang dari 110 orang jumlah populasi. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan lembar observasi keaktifan belajar peserta didik. Hasil penelitian menyatakan bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe TGT berpengaruh terhadap keaktifan belajar peserta didik dikelas VII MTsN 2 Kotabaru, dengan besaran pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap keaktifan belajar peserta didik sebesar 13,1%.

Diterbitkan
2023-03-15