DESKRIPSI KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED DALAM MENENTUKAN HIMPUNAN PENYELESAIAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

  • Ary Herlina Kurniati H.M.
  • Alamsyah Achmad Politeknik Negeri Ujung Pandang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan berfikir kreatif siswa dengan soal open ended dalam menentukan himpunan penyelesaian dalam SPLDV. Indikator berfikir kretif yang digunakan adalah kelancaran, keluwesan, keaslian dan kerincian. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, metode penelitian yang digunakan adalah pemberian soal open ended SPLDV kepada siswa SMA Kelas X dan wawancara tidak terstruktur. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 23 dengan mengambil dua siswa sebagai subjek penelitian yang berkemampuan tinggi. Berdasarkan jawaban dari kedua subjek kemampuan berfikir kreatif siswa dengan model soal open ended SPLDV memenuhi beberapa indikator berfikir kreatif, diantaranya Indikator kelancaran pada dasarnya kedua subjek memiliki indikator ini mereka mampu memikirkan lebih dari satu jawaban, selanjutnya indikator kelenturan jawaban yang disajkan kedua subjek semuanya berbeda NY menyajikan jawaban dengan cara coba-coba dan mampu mendapatkan lebih dari satu jawaban sedangkan TO terlihat terampil dalam mencari rumus singkat. Sedangkan untuk indikator keaslian dan elaborasi masih belum mampu dicapai oleh kedua subjek.

Kata Kunci: Berfikir Kreatif, Opend-Ended, SPLDV.

Diterbitkan
2023-03-15