KETERAMPILAN BERBICARA MAHASISWA MELALUI METODE TASK BASED ACTIVITY DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang penerapan metode Task-Based Activity (TBA) untuk meningkatkan keterampilan berbicara mahasiswa STKIP Paris Barantai dalam perkuliahan berbasis konservasi nilai-nilai karakter di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah (1) meningkatkan keterampilan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia dalam berbicara dengan menerapkan task-based activity berbasis konservasi nilai-nilai karakter, dan (2) untuk mendeskripsikan respon mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dalam perkuliahan keterampilan berbicara dengan diterapkannya task-based activity berbasis konservasi nilai-nilai karakter. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Berdasarkan skor hasil tes mahasiswa, terlihat adanya suatu peningkatan yang bagus dari fase identifikasi masalah sampai pada siklus 2. Fase identifikasi masalah, nilai rerata mahasiswa secara klasikal adalah 3,5 yang berada pada kategori kurang. siklus 1 rerata keterampilan berbicara mahasiswa Program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia adalah 5,92; dari nilai tersebut diketahui bahwa ke-20 mahasiswa (100%) mahasiswa mendapatkan skor sama dengan atau lebih besar dari 5. Siklus 3 skor rerata keterampilan berbicara mahasiswa meningkat menjadi adalah 6,54. Berdasarkan nilai tersebut diketahui bahwa 100% siswa mendapatkan skor sama dengan atau lebih besar dari 5.
Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Metode TBA, Nilai-nilai karakter