ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS MAHASISWA STKIP PARIS BARANTAI PADA MATA KULIAH TEORI BILANGAN

  • Evi Novianty Pendidikan Matematika, STKIP Paris Barantai Kabupaten Kotabaru

Abstract

Kurangnya pemahaman mahasiswa terhadap konsep-konsep yang diberikan serta mahasisa masih mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi apa yang diketahui dan apa yang akan dibuktikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman matematis mahasiswa dalam matakuliah teori bilangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kulitatif bersifat desktriptif. Subjek penelitian yang digunakan berjumlah 30 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaaan, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian kemampuan pemahaman matematis dari dua indikator penelitian yaitu kemampuan pemahaman konseptual dan kemampuan pemahaman fungsional, sebagian besar mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal pemahaman. Sebanyak 77% dari sampel penelitian belum paham cara menyelesaikan soal. Berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa mahasiswa belum dapat mengoptimalkan seluruh kemampuan terutama kemampuan pemahaman matematisnya dalam mengerjakan soal teori bilangan sehingga cenderung menyerah dalam mengerjakan soal ketika mengalami kesulitan. Sebanyak 23% sampel sudah mengerti cara menyelesaikan namun masih beberapa yang kurang tepat dalam langkah penyelesaiannya. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah lemahnya pemahaman dalam membedakan bilangan rasional dengan irasional beserta definisi dan sifat-sifatnya (materi prasyarat).

Kata Kunci: Analisi, Kemampuan Pemahaman Matematis, Teori Bilangan.

Published
2023-03-16
How to Cite
Novianty, E. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS MAHASISWA STKIP PARIS BARANTAI PADA MATA KULIAH TEORI BILANGAN. CENDEKIA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN, 11(1), 139-149. https://doi.org/10.33659/cip.v11i1.273