sebuah ANALISIS STANDAR PENGELOLAAN PEMBIAYAAN DI SDN 128 PEKANBARU
Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan karena keadaan pengelolaan pembiayaan pendidikan di SDN 128 Pekanbaru yang mampu membantu keterlaksanaan kegiatan pendidikan di sekolah tersebut. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah agar mengetahui keefektifan penggunaan sumber dana yang dimiliki sekolah, tanggung jawab keuangan dan keterbukaan pengelolaan keuangan sekolah, mengurangi kesalahan dalam pengelolaan keuangan sekolah, dan mengetahui pemanfaatan keuangan sekolah bagi mutu proses pembelajaran di kelas. Metode yang digunakan merupakan metode kualitatif dengan jenis case study tunggal yang terfokus pada pengelolaan pembiayaan dalam pendidikan di SDN 128 Pekanbaru. Data penelitian dikumpulkan menggunakan dokumentasi dan wawancara. Hasil yang diperoleh dari penelitian menunjukkan bahwa secara finansial SDN 128 Pekanbaru dapat dikatakan tidak mengalami kesulitan dalam mendapatkan dana pendidikan, dan dana juga digunakan untuk kepentingan pendidikan. Kepala sekolah memperlihatkan kerja sama yang baik dengan bendahara, sehingga pelaksanaan beberapa program sekolah dapat terlaksana dengan baik baik.