KORELASI SELF CONFIDENCE DAN SELF EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK

  • Hartini R Tobo STKIP Paris Barantai
  • Widhi Hastiti Pramestyani Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Paris Barantai Kotabaru

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh ditemukan peserta didik yang kurang percaya diri selama pembelajaran matematika dan kurang yakin pada kemampuannya. Hasil belajar matematika di sebabkan oleh banyak faktor, diantaranya adalah self-confidence dan self-efficacy. Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara self-confidence dan self-efficacy peserta didik SMA Negeri 2 Kotabaru terhadap hasil belajar matematika. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif yang bersifat Korelasional. Populasi penelitian pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X di SMA Negeri 2 Kotabaru dengan sampel sebanyak 69 orang yang diperoleh menggunakan teknik propotional sampling. Instrumen pada penelitian ini berupa angket sedangkan hasil belajar matematika peserta didik dilihat dari nilai raport semester ganjil. Data yang di peroleh diolah dengan menggunakan bantuan software Microsoft Excel 2013 dan SPSS 26. Teknik Analisis data yang digunakan berupa analisis deskriptif, uji normalitas, uji linieritas, dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa sumbangan self-confidence dan self-efficacy terhadap hasil belajar matematika secara simultan adalah 17,1% sedangkan 82,91%  disebabkan oleh faktor lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak. 

 

Kata Kunci : Self  Confidence, Self Efficacy, Hasil Belajar dan Matematika

Published
2023-09-30
How to Cite
R Tobo, H., & Pramestyani, W. (2023). KORELASI SELF CONFIDENCE DAN SELF EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK. CENDEKIA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN, 11(2), 301-314. https://doi.org/10.33659/cip.v11i2.294