PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE STAD DENGAN TGT

  • Risma Aprilia, Radiatul Adawiah, Hartini Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Paris Barantai Kotabaru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) (2) Bagaimana hasil belajar matematika sisa menggunakan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) (3) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan  Team Game Tournament (TGT) pada pembelajaran Matematika kelas VII di SMP Negeri 1 Kotabaru. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimental Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII D dan VII E. sedangkan Hasil posttest yang diperoleh dari kedua kelas tersebut menunjukkan bahwa dari kelas eksperimen terdapat 29 orang yang mencapai ketuntasan atau diatas KKM dan 2 orang siswa yang tidak mencapai ketuntasan dengan rata-rata hasil belajar 76,93.dan untuk kelas control terdapat 29 orang yang mencapai ketuntasan atau diatas KKM dan 2 orang siswa yang tidak mencapai ketuntasan dengan rata-rata hasil belajar 80. Dilihat dari nilai pada uji hipotesis yaitu nilai    >  (26,338 > 2,042). Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran STAD dengan TGT.

Kata kunci: pembelajaran kooperatif tipe STAD, pembelajaran kooperatif tipe TGT, hasil belajar.

Published
2024-02-25
How to Cite
Hartini, R. A. (2024). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE STAD DENGAN TGT. CENDEKIA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN, 12(1), 84-96. https://doi.org/10.33659/cip.v12i1.327