PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERPEN DENGAN MODEL EXAMPLES NON EXSAMPLES PADA SISWA KELAS X SMKN 4 JENEPONTO

  • Johar Amir Wahida Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Negeri Makassar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil menulis teks cerpen pada siswa kelas X SMKN 4 Jeneponto dilakukan pembelajaran menulis teks cerpen dengan model examples non examples. Jenis penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu bentuk kajian yang bersifat refleksi oleh pelaku tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan siswa dengan menggunakan model examples non examples dari tindakan-tindakan mereka dalam melaksanakan tugas dan memperdalam pemahaman terhadap tindakan-tindakan dalam pembelajaran menulis teks cerpen. Sedangkan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik kuantitatif yang digunakan untuk menganalisis data kuantitatif dari hasil tes kemampuan menulis teks cerpen siswa pada tiap-tiap siklus. Nilai pada hasil siklus I dan siklus II dihitung jumlahnya dalam satu kelas kemudian dihitung dalam persentase rumus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model examples non examples dalam proses pembelajaran menulis teks cerpen dapat meningkatkan keterampilan menulis teks cerpen siswa sebesar 38,43%. Hal ini diketahui dari nilai tes hasil menulis teks cerpen siswa yang meningkat setelah dilaksanakan pembelajaran dengan model examples non examples pada sisklus I rata-rata nilai tes 60 dan pada siklus II mencapai rata-rata sebesar 88,58 dan telah mencapai indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan yaitu 70.

Kata Kunci: Menulis teks cerpen, Model Examples Non Examples.

 

Published
2024-02-25
How to Cite
Wahida, J. A. (2024). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERPEN DENGAN MODEL EXAMPLES NON EXSAMPLES PADA SISWA KELAS X SMKN 4 JENEPONTO. CENDEKIA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN, 12(1), 97-108. https://doi.org/10.33659/cip.v12i1.328