PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK

  • Siratul Rahmi, Agus Syarifuddin, Evi Novianty Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Paris Barantai Kotabaru

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan tingkat kecerdasan emosional peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Kotabaru, (2) menkaji apakah terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Kotabaru. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif ex-postfacto, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitaif,. sedangkan sampel penelitian adalah di  kelas VII A,B,C SMP Negeri 2 Kotabaru yang dimana masing-masing kelas berjumlah kurang lebih 30  orang. Instrumen penelitian menggunakan skala kecerdasan emosional dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial dengan teknik analisis regresi sederhana. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kecerdasan emosional peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Kotabaru berada pada kategori rendah dengan persentase 66,67%, sedangkan hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Kotabaru berada pada kategori cukup baik dengan persentase 73%. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa Persamaan regresi diperoleh Y= 72,772 + 0,060X. Dari hasil uji signifikan diperoleh nilai signifikan sebesar 0,601 dimana nilai signifikan > 0,601 (0.601 > 0,05), dengan demikian penelitian ini menunjukkan tidak ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Kotabaru.

Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar.

Published
2024-03-09
How to Cite
Evi Novianty, S. R. (2024). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK. CENDEKIA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN, 12(1), 128-138. https://doi.org/10.33659/cip.v12i1.331