ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA PADA MATA KULIAH TEORI HIMPUNAN

  • Rahmi Yuliana M, Muhammad Yusuf, Nurfaida Tasni Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Paris Barantai Kotabaru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa pada mata kuliah teori himpunan. Adapun subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa STKIP Paris Barantai sebanyak 26 orang Program Studi Pendidikan Matematika semester I tahun Akademik 2023/2024. Data penelitian yang dikaji adalah lembar jawaban Ulangan Akhir Semester. Jenis penelitian yang digunakan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif, diperoleh hasil secara umum menerangkan bahwa kemampuan pemecahan masalah mahasiswa dapat dikategorikan cukup dengan persentase 64,62%. Lebih rinci, kemampuan mahasiswa dalam merencanakan penyelesaian masalah dapat dikategorikan ‘baik’ dengan persentase 74,62%. Walaupun kemampuan dalam melakukan pengecekan kembali masih lemah dapat dikategorikan ‘kurang’ dengan persentase 54,62%. Dengan demikian, kedepannya menjadi dasar evaluasi dalam pembelajaran.

Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Mahasiswa, Teori Himpunan.

 

Published
2024-03-09
How to Cite
Nurfaida Tasni, R. Y. M. (2024). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA PADA MATA KULIAH TEORI HIMPUNAN. CENDEKIA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN, 12(1), 139-148. https://doi.org/10.33659/cip.v12i1.332