MODEL EVALUASI CIPP STUFFLEBEAM PADA KTSP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH UMUM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Umum yang dilakukan oleh Guru PAI dengan menggunakan model penilaian CIPP yang dikembangkan oleh Stufflebeam dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan alat pengumpulan data seperti wawancara, observasi dan analisa dokumen. Tujuan tulisan ini untuk menunjukkan bahwa kepala sekolah di Sekolah Menengah Atas telah memahami objektif dan melaksanakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) mata pelajaran PAI. Hasil kajian juga menunjukkan bahwa (1) Guru PAI telah memahami KTSP PAI (2) Guru PAI terampil dalam membuat perencanaan pembelajaran (3) Guru PAI telah melaksanakan proses pengajaran dan pembelajaran berdasarkan kurikulum Pendidikan Agama Islam juga melaksanakan dua bentuk penilaian, yaitu penilaian proses dan ujian semester. (4) menunjukkan bahwa peserta didik telah memahami pengetahuan yang disampaikan oleh guru dan memproleh hasil ujian yang sesuai dengan standard penilaian yang telah ditentukan oleh sekolah dan guru.
Kata Kunci: Model CIPP. KTSP, dan Pendidikan Agama Islam (PAI)