DESKRIPSI PENGENALAN ANGKA MATEMATIKA MELALUI DONGENG MATEMATIK PADA ANAK USIA DINI

  • Ary Herlina Kurniati HM, Alamsyah Achmad, Muh. Hidayat,

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian yang diajukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang bagaimana proses pengenalan angka matematika 0 sampai 10 melalui media dongeng untuk melihat kempuan anak usia dini pada TK, yang dilakukan oleh guru TK A.  Subjek dari penelitian ini adalah satu orang guru kelompok A TK AL Hidayah. Tahapan penguasaan berhitung matematika yang dijadikan acuan dalam mendeskripsikan pembelajaran yaitu (1) Penguasaan konsep bahan cerita yang didongengkan hampir telah dikenal dengan baik oleh anak, di beberapa angka yang memiliki bentuk mudah dipahami anak, selanjutnya (2) Masa transisi merupakan masa yang subjek lakukan dimana peralihan dari benda kongkrit menuju pengenalan lambang yang abstrak, seperti pensil yang menyerupai angka satu hanya subjek perlu membiasakan anak untuk mulai menulis di atas kertas, dan (3) Tahap visualisasi, belum ada siswa yang berada pada fase ini dikarenakan fase 1 dan 2 belum sepenunhnya dikuasai

Kata Kunci: Pengenalan Angka, Dongeng, Matematika

 

Published
2024-03-09
How to Cite
Muh. Hidayat, A. H. K. H. (2024). DESKRIPSI PENGENALAN ANGKA MATEMATIKA MELALUI DONGENG MATEMATIK PADA ANAK USIA DINI. CENDEKIA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN, 12(1), 52-60. https://doi.org/10.33659/cip.v12i1.338