ANALISIS PERMAINAN HADANGAN TERHADAP TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA

  • Hasniah, Faisal Batennie, Rahmiyani Pogram Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Rekreasi, STKIP Paris Barantai

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh permainan hadangan terhadap tingkat kebugaran jasmani siswa SMP Negeri 2 Pamukan Selatan. Jenis penelitiannya pre-exsperimental menggunakan one group pre-test post-test design. Samplenya yaitu siswa kelas VII yang berjumlah 15 orang, dengan teknik penarikan purposive sampling yang didasarkan atas ciri-ciri suatu karakteristrik tertentu.  Saat pre-test dan post-test menggunakan instrumen (Tingkat Kebugaran Jasmani Indonesia) TKJI untuk usia 13-15 tahun yang terdiri dari: 1) tes lari cepat 50 meter, 2) tes baring duduk 60 detik, 3) tes gantung siku 60 detik, 4) tes loncat tegak, dan 5) tes lari 1000 meter. Treathmen-nya berupa permainan tradisional hadangan sebanyak 12 kali perlakuan. Nilai rata-rata pre-test diperoleh 11 (43%) dalam kategori kurang dan mengalami peningkatan yang signifikan sehingga nilai rata-rata pre-test diperoleh 15 (58%) kategori sedang. Hasil analisis data memperlihatkan bahwa permainan hadangan dapat meningkatkan tingkat kebugaran jasmani siswa dengan peningkatan sebesar 15%.

Kata Kunci: Permainan Hadangan, Permainan Tradisional, Tingkat Kebugaran Jasmani, TKJI

Published
2024-09-10
How to Cite
Rahmiyani, H. (2024). ANALISIS PERMAINAN HADANGAN TERHADAP TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA. CENDEKIA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN, 12(2), 214-222. https://doi.org/10.33659/cip.v12i2.361