PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MOBILE LEARNING MELALUI GAME EDUKASI LACIKU MATERI ALJABAR

  • Muhammad Yusuf, Agus Syarifuddin Program studi Pendidikan Matematika, STKIP Paris Barantai

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran matematika berbasis mobile learning melalui game edukasi laciku pada materi operasi aljabar sebagai learning exercise bagi siswa yang dibuat menggunakan software construk. Metode penelitian menggunakan ADDIE dengan lima tahap pengembangan yaitu analisis, perencanaan, Pengembangan Produk, Penerapan, Evaluasi, dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket, teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah sebuah media pembelajaran matematika berbasis mobile learning melalui game edukasi laciku pada materi operasi aljabar sebagai learning exercise untuk siswa SMP Muhammadiyah Kotabaru. Kelayakan media dinyatakan valid oleh ahli materi dan ahli media, dan mendapat respon “sangat menarik” dari siswa dengan nilai 3,3 pada uji coba akhir yaitu kelas besar, dan media ini efektif untuk diterapkan dalam proses pembelajaran setelah melalui tahap pretest dan post test dengan nilai 67,8% dengan kriteria “efektif” yang artinya media yang dikembangkan memperoleh respon sangat menarik dan efektif dalam penerapannya.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Mobile Learning, Game Edukasi.

Published
2024-09-10
How to Cite
Agus Syarifuddin, M. Y. (2024). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MOBILE LEARNING MELALUI GAME EDUKASI LACIKU MATERI ALJABAR. CENDEKIA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN, 12(2), 255-266. https://doi.org/10.33659/cip.v12i2.365