PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PMRI BERBANTUAN MEDIA TANGRAM UNTUK SISWA KELAS 3 SD N 4 KARANGBENER DALAM MEMBENTUK BANGUN DATAR

  • Listiyafatul Faizah, Silvia Devi Agustin dan Eka Zuliana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus

Abstract

Salah satu jenis alat bantu pendidikan yang dapat mendukung siswa dalam proses belajar mereka adalah Tangram. Tujuh bagian berbentuk datar dua segitiga besar, satu segitiga sedang, dua segitiga kecil, satu persegi, dan satu jajaran genjang membentuk permainan puzzle Tangram. Tujuh komponen tersebut dapat disusun ulang oleh siswa untuk mengambil bentuk yang berbeda. Mereka dapat membuat pola rumah, burung, ikan, dan objek lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyediakan kegiatan pembelajaran yang menggunakan media tangram untuk membantu siswa membangun bentuk datar di kelas dan memahami gagasan bentuk datar sambil membuat bentuk baru. Pendekatan penelitian kualitatif deskriptif digunakan. Data tertulis dari buku, jurnal, publikasi ilmiah, dan sumber lain merupakan contoh sumber data. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pencatatan, pendokumentasian, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa lebih senang melakukan pembelajaran menggunakan media tangram sehingga siswa lebih mudah mengenali dan mengidentifikasi bentuk bangun datar ketika mereka memotong potongan tangram secara langsung. Karena mereka dapat belajar sekaligus bermain, siswa menjadi senang dan termotivasi untuk belajar matematika.

Published
2025-03-16
How to Cite
Eka Zuliana, L. F. (2025). PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PMRI BERBANTUAN MEDIA TANGRAM UNTUK SISWA KELAS 3 SD N 4 KARANGBENER DALAM MEMBENTUK BANGUN DATAR. CENDEKIA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN, 13(1), 36-44. https://doi.org/10.33659/cip.v13i1.389