ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP PADA NILAI TEMPAT BILANGAN MENGGUNAKAN PMRI BERBANTUAN MEDIA PAPAN KANTONG BELAJAR PADA SISWA KELAS II SDN 4 KARANGBENER
Abstract
Penelitian deskriptif kualitatif ini memanfaatkan PMRI untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep nilai tempat digital dengan bantuan media kantong belajar di kelas dua SD. Konsep nilai numerik adalah jenis data yang ditemukan dalam penelitian ini. Penelitian ini mengumpulkan data dari buku, jurnal, penelitian, dan literatur lainnya tentang penerapan budaya sekolah pendidikan karakter, sopan santun, dan disiplin di kalangan siswa sekolah. Tujuan penggunaan media paket pembelajaran untuk memahami konsep digital di kelas SD 2 adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep bilangan dan materi bilangan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa teknik pengumpulan data yang digunakan termasuk pencatatan, observasi, dan tes untuk memahami konsep bilangan nilai tempat. Analisis data menunjukkan bahwa tujuan penggunaan media paket sekolah untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep digital di kelas SD 2 adalah untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang materi bilangan.