EVALUASI PEMBELAJARAN SD: KONSEP, KEDUDUKAN, FUNGSI, TUJUAN, DAN PRINSIP

  • Siti Aisah UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
  • Suminar Leistya Kencana UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
  • Tamsik Udin

Abstract

Penilaian pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) memegang peranan penting dalam memastikan ketercapaian kompetensi siswa sesuai kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep, kedudukan, fungsi, tujuan, dan asas evaluasi pembelajaran melalui pendekatan kualitatif dengan metode telaah pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi pembelajaran adalah proses sistematis yang digunakan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa serta mengevaluasi efektivitas pengajaran. Kedudukannya yang integral dalam pembelajaran menjadikannya alat penting bagi guru untuk mengambil keputusan berbasis data. Prinsip-prinsip seperti objektivitas, validitas, keandalan, keadilan, dan keberlanjutan menjadi landasan dalam pelaksanaan evaluasi. Beragam metode, seperti tes tertulis, observasi, portofolio, dan wawancara, digunakan untuk memberikan gambaran komprehensif mengenai kemampuan siswa. Hasil evaluasi dimanfaatkan untuk merancang program remedial bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar, program pengayaan bagi siswa berprestasi, serta memperbaiki strategi pembelajaran di masa depan. Penelitian ini menegaskan pentingnya evaluasi pembelajaran sebagai alat pengambilan keputusan yang objektif, valid, dan berkelanjutan dalam pendidikan dasar.

Kata Kunci: Evaluasi, Pembelajaran, Sekolah Dasar

Published
2025-03-16
How to Cite
Aisah, S., Kencana, S., & Udin, T. (2025). EVALUASI PEMBELAJARAN SD: KONSEP, KEDUDUKAN, FUNGSI, TUJUAN, DAN PRINSIP. CENDEKIA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN, 13(1), 153-161. https://doi.org/10.33659/cip.v13i1.393