PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS)

  • Nur Hidayah Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Paris Barantai
  • Muhammad Ali STKIP Paris Barantai
  • Rahmi Yuliana M Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Paris Barantai

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1).Mengetahui hasil belajar matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran Numbered Head Together (NHT) 2).Mengetahui hasil belajar matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran tipe Think Pair Share (TPS) 3).Mengetahui perbedaan hasil belajar matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan pembelajaran tipe Think Pair Share (TPS). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif yang merupakan penelitian true eksperimen. Penelitian ini melalui langkah-langkah,yaitu pengambilan sampel yaitu dengan teknik random sampling, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian berupa soal test, dan analisis data menggunakan analisis deskriptif yaitu mean dan standar deviasi serta analisis inferensial yaitu uji normalitas,uji homogenitas, dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Nilai rata-rata kelas eksperimen I dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together yaitu 84,46 dengan kategori baik sekali. 2). Nilai rata-rata kelas eksperimen II dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share yaitu 76,68 dengan kategori baik. 3). Terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang diterapkan model pembelajaran kooperatif numbered head together dengan siswa yang diterapkan model pembelajaran kooperatif think pair share.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Numbered Head Together,Think Pair Share

Published
2025-03-16
How to Cite
Hidayah, N., Ali, M., & M, R. (2025). PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS). CENDEKIA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN, 13(1), 64-73. https://doi.org/10.33659/cip.v13i1.406