PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN NHT DAN TPS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajar melalui pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Think Pair Share (TPS) di SMA Negeri 2 Kotabaru tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas XI. Sampel dalam penenlitian ini adalah kelas XI-1 sebanyak 20 peserta didik tipe Numbered Head Together dan kelas XI-2 sebanyak 20 peserta didik tipe Think Pair Share. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melaui tes kemampuan pemecahan masalah. Sebelumnya tes kemampuan pemecahan masalah ini telah diuji coba dikelas XI MAS Darul Ulun Kotabaru untuk mengetahui validitas, reabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal. Temuan penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang diajar melalui pembelajaran Numbered Head Together lebih baik dari pada peserta didik yang diajar dengan menggunakan pembelajaran Think Pair Share.
Kata Kunci: Pemecahan Masalah, Numbered Head Together, Think Pair Share.