Menerapkan Kemampuan Kecerdasan Logis-Matematis Anak Usia Dini Melalui Permainan Ular Tangga
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan kemampuan kecerdasan logis matematis pada anak usia dini melalui permainan ular tangga. Penelitian ini menggunakan Metode tinjauan literatur untuk mengkaji penerapan kemampuan kecerdasan logis matematis anak usia dini melalui permainan ular tangga pada anak dan pengaruh permainan dalam meningkatkan keterampilan matematis, termasuk pengenalan angka, kemampuan berhitung, dan pengambilan keputusan yang strategis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan ular tangga efektif dalam merangsang perkembangan kognitif, sosial, dan motorik anak. Selain itu, permainan ini juga mendorong interaksi sosial dan kerja sama di antara anak-anak, sekaligus membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan menarik. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan permainan ular tangga sebagai alat pendidikan yang inovatif dan menyenangkan untuk mendukung perkembangan holistik anak, serta untuk menciptakan suasana belajar yang positif dan interaktif.