https://ejurnal.stkip-pb.ac.id/index.php/jurnal/issue/feed CENDEKIA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN 2025-05-02T02:18:35+00:00 Rahmayanti [email protected] Open Journal Systems Cendekia: Jurnal Ilmiah Pendidikan https://ejurnal.stkip-pb.ac.id/index.php/jurnal/article/view/410 MAKNA SIMBOLIK MAYANG PADA KEBUDAYAAN BANJAR DALAM TARI PENYAMBUTAN 2025-03-17T03:33:33+00:00 Gilang Sufi Ramadhan, Normasunah, Rahmayanti [email protected] <p>Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui proses yang terdapat pada prosesi penepukan mayang dalam Tari Mayang Kencana. (2) Untuk mengetahui dan mengidentifikasi makna simbolik mayang dalam Tari penyambutan Mayang Kencana khas Kabupaten Kotabaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penilitian kualitatif dengan Jenis penelitian yang menggunakan tahapan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendeskripsikan&nbsp;&nbsp; bagaimana proses penepukan mayang dan identifiksasi makna simbolik mayang pada kebudayaan Banjar dalam tari penyambutan Mayang Kencana. Hasil Penelitian ini diperoleh bahwa pada“Tari Mayang &nbsp;Kencana” terdapat 2 proses sebelum mayang ditepuk yaitu proses persiapan yang dimana hal ini dilakukan sebelum pada penampilan Tari Mayang Kencana, dimulai dari menyiapkan kostum serta aksesoris yang dipakai penari Mayang Kencana. Selanjutnya masuk pada proses penepukan mayang yang&nbsp; dimana &nbsp;sebelum menepuk mayang penari menggerakkan 26 ragam gerak, dari terbang mayang hingga antar mayang. Mayang dalam nilai budaya Banjar merupakan simbol kemakmuran&nbsp; &nbsp;dan&nbsp; &nbsp;kesejahteraan.&nbsp; &nbsp;Penggunaan&nbsp; &nbsp;mayang&nbsp;&nbsp; dalam&nbsp; &nbsp;Tari&nbsp; &nbsp;Mayang Kencana karena mayang memiliki makna Kesuburan dan Kemakmuran serta perlindungan dari marabahaya.</p> <p><strong>Keywords:</strong> Symbolic Meaning of Mayang, welcoming</p> 2025-03-16T05:11:42+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stkip-pb.ac.id/index.php/jurnal/article/view/395 Analysis of the Use of Language on the Effectiveness of Mathematical Communication in Interactive Activities of Mathematics Learning Class 12 SMAN 1 Baleendah 2025-03-17T03:33:33+00:00 Najla Fauziyyah Yusuf, Tatang Herman dan Aan Hasanah [email protected] <p><em>The aims of the research to analyze the effect of language use on the effectiveness of mathematical communication in interactive mathematics learning. The language used by teachers has an important role in conveying mathematical concepts clearly and easily understood by students. This study used mixed-method, which combines quantitative and qualitative approaches, involving 39 12th grade students at SMAN 1 Baleendah. Data were collected through questionnaires consisting of closed and open-ended questions. The analysis showed that the use of appropriate and understandable language by teachers can improve the effectiveness of mathematical communication and students' understanding of mathematical materials. In addition, group discussion is an important tool in deepening concept understanding. However, there were challenges in understanding more complex mathematical terms, indicating the need for more contextualized language and more adaptive teaching approaches. This study recommends that teachers pay attention to the use of clear language and create more interactive and inclusive learning.</em></p> 2025-03-16T05:12:58+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stkip-pb.ac.id/index.php/jurnal/article/view/390 ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP PADA NILAI TEMPAT BILANGAN MENGGUNAKAN PMRI BERBANTUAN MEDIA PAPAN KANTONG BELAJAR PADA SISWA KELAS II SDN 4 KARANGBENER 2025-03-17T03:33:33+00:00 Nabila Fatimatuz Zahro, Kiswanti dan Eka Zuliana [email protected] <p>Penelitian deskriptif kualitatif ini memanfaatkan PMRI untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep nilai tempat digital dengan bantuan media kantong belajar di kelas dua SD. Konsep nilai numerik adalah jenis data yang ditemukan dalam penelitian ini. Penelitian ini mengumpulkan data dari buku, jurnal, penelitian, dan literatur lainnya tentang penerapan budaya sekolah pendidikan karakter, sopan santun, dan disiplin di kalangan siswa sekolah. Tujuan penggunaan media paket pembelajaran untuk memahami konsep digital di kelas SD 2 adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep bilangan dan materi bilangan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa teknik pengumpulan data yang digunakan termasuk pencatatan, observasi, dan tes untuk memahami konsep bilangan nilai tempat. Analisis data menunjukkan bahwa tujuan penggunaan media paket sekolah untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep digital di kelas SD 2 adalah untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang materi bilangan.</p> 2025-03-16T05:14:12+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stkip-pb.ac.id/index.php/jurnal/article/view/389 PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PMRI BERBANTUAN MEDIA TANGRAM UNTUK SISWA KELAS 3 SD N 4 KARANGBENER DALAM MEMBENTUK BANGUN DATAR 2025-03-17T03:33:33+00:00 Listiyafatul Faizah, Silvia Devi Agustin dan Eka Zuliana [email protected] <p>Salah satu jenis alat bantu pendidikan yang dapat mendukung siswa dalam proses belajar mereka adalah Tangram. Tujuh bagian berbentuk datar dua segitiga besar, satu segitiga sedang, dua segitiga kecil, satu persegi, dan satu jajaran genjang membentuk permainan puzzle Tangram. Tujuh komponen tersebut dapat disusun ulang oleh siswa untuk mengambil bentuk yang berbeda. Mereka dapat membuat pola rumah, burung, ikan, dan objek lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyediakan kegiatan pembelajaran yang menggunakan media tangram untuk membantu siswa membangun bentuk datar di kelas dan memahami gagasan bentuk datar sambil membuat bentuk baru. Pendekatan penelitian kualitatif deskriptif digunakan. Data tertulis dari buku, jurnal, publikasi ilmiah, dan sumber lain merupakan contoh sumber data. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pencatatan, pendokumentasian, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa lebih senang melakukan pembelajaran menggunakan media tangram sehingga siswa lebih mudah mengenali dan mengidentifikasi bentuk bangun datar ketika mereka memotong potongan tangram secara langsung. Karena mereka dapat belajar sekaligus bermain, siswa menjadi senang dan termotivasi untuk belajar matematika.</p> 2025-03-16T05:15:42+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stkip-pb.ac.id/index.php/jurnal/article/view/399 STRATEGIES AND CHALLENGES OF ISLAMIC EDUCATION MANAGEMENT BASED ON LOCAL WISDOM IN ISLAMIC BOARDING SCHOOLS 2025-03-17T03:33:34+00:00 Wahyudi Widodo [email protected] <p>The research method used is library research with data sources of books, magazines, journals, tafsir and others. The analysis used B Miles and Huberman. The results of the study show that: 1) Educational management strategies based on local wisdom, namely: curriculum development that integrates local wisdom, community involvement and local cultural groups. 2) The model of Islamic education tradition based on local wisdom in pesantren includes: the tradition of Surau Education where people who want to learn must come to the place like a school, the tradition of Sorongan Education where students practice independently to mature their skills by meeting face-to-face with ustadz, and Badongan, a tradition of learning activities that are an approach that prioritizes collective service In studying classical books. 3) There are two challenges in integrating local wisdom into Islamic education management, namely: the gap between the value of local wisdom and Islamic teachings and the limited resources and capacity of ustadz. 4) There are four recommendations for the development of local wisdom-based education management strategies, namely: strengthening the capacity of ustadz in integrating local wisdom, closer collaboration with the community, periodic evaluation and adjustment of management strategies, and the formulation of policies that support&nbsp;</p> 2025-03-16T05:16:40+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stkip-pb.ac.id/index.php/jurnal/article/view/376 PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE PROJECT BASED LEARNING MELALUI PEMBUATAN PODCAST 2025-03-17T03:33:34+00:00 Nuzul Hijrah Safitri [email protected] Sarniati Nuru [email protected] Aminah Maulidah Nugraha Silawati [email protected] Nurjannah Nurjannah [email protected] Muh. Al-Yaqzathur Ruhhiyah [email protected] <p><em>This research was Classroom Action Research (CAR) that aimed to investigate the implementation of PjBL method in speaking class through generating English Podcast and to find out students’ perception on the application of PjBL method and English podcast project in speaking class. This research was conducted in 2 cycles by involving 37 students of English Literature Study Program, Universitas Halu Oleo and by using Kemmis and Mc Taggart (1988) model. The data were collected through observing, interviewing and doing speaking test. The results of cycle 1 showed that there was 27,03% of total students who achieved the Minimum Mastery Criteria with the mean score of 61,02. However, in the cycle 2, there was 94,60% of total students who achieved the Minimum Mastery Criteria with the mean score of 72,08. The results indicated that the implementation of PjBL through generating English Podcast in Speaking class could improve students’ speaking skill</em>. <em>Moreover, students perceived positively the application of PjBL through creating English podcast project. </em><em>The PjBL method gets students actively involved in the learning process, encourages them to think creatively and improves their collaboration and communication skills as they work on the project.</em></p> <p><strong>K</strong><strong>eywords</strong><strong>:&nbsp; </strong><em>Project Based Learning</em>, <em>Podcast, Speaking Skill</em></p> 2025-03-16T05:18:45+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stkip-pb.ac.id/index.php/jurnal/article/view/406 PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) 2025-03-17T03:33:34+00:00 Nur Hidayah [email protected] Muhammad Ali [email protected] Rahmi Yuliana M [email protected] <p>Tujuan penelitian ini adalah 1).Mengetahui hasil belajar matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran <em>Numbered Head Together </em>(NHT) 2).Mengetahui hasil belajar matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran tipe <em>Think Pair Share </em>(TPS) 3).Mengetahui perbedaan hasil belajar matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran <em>Numbered Head Together </em>(NHT) dan pembelajaran tipe <em>Think Pair Share </em>(TPS). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif yang merupakan penelitian true eksperimen. Penelitian ini melalui langkah-langkah,yaitu pengambilan sampel yaitu dengan teknik random sampling, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian berupa soal test, dan analisis data menggunakan analisis deskriptif yaitu mean dan standar deviasi serta analisis inferensial yaitu uji normalitas,uji homogenitas, dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Nilai rata-rata kelas eksperimen I dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe <em>numbered head together </em>yaitu 84,46 dengan kategori baik sekali. 2). Nilai rata-rata kelas eksperimen II dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe <em>think pair share </em>yaitu 76,68 dengan kategori baik. 3). Terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang diterapkan model pembelajaran kooperatif <em>numbered head together </em>dengan siswa yang diterapkan model pembelajaran kooperatif <em>think pair share</em>.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong><em>Hasil Belajar, Numbered Head Together,Think Pair Share</em></p> 2025-03-16T05:19:54+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stkip-pb.ac.id/index.php/jurnal/article/view/415 Menerapkan Kemampuan Kecerdasan Logis-Matematis Anak Usia Dini Melalui Permainan Ular Tangga 2025-03-17T03:33:34+00:00 Hani Maizatun Nisaq, Wahyu Windari , Fadila Aulia, Nyimas Muazzomi [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan kemampuan kecerdasan logis matematis pada anak usia dini melalui permainan ular tangga. Penelitian ini menggunakan Metode tinjauan literatur untuk mengkaji penerapan kemampuan kecerdasan logis matematis anak usia dini melalui permainan ular tangga pada anak dan pengaruh permainan dalam meningkatkan keterampilan matematis, termasuk pengenalan angka, kemampuan berhitung, dan pengambilan keputusan yang strategis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan ular tangga efektif dalam merangsang perkembangan kognitif, sosial, dan motorik anak. Selain itu, permainan ini juga mendorong interaksi sosial dan kerja sama di antara anak-anak, sekaligus membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan menarik. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan permainan ular tangga sebagai alat pendidikan yang inovatif dan menyenangkan untuk mendukung perkembangan holistik anak, serta untuk menciptakan suasana belajar yang positif dan interaktif.</p> 2025-03-16T05:21:13+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stkip-pb.ac.id/index.php/jurnal/article/view/413 IMPLEMENTASI PERSFEKTIF NATIVISME DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI PERGURUAN TINGGI 2025-05-02T02:18:35+00:00 Andi Muhammad Yahya [email protected] Sri Juniati [email protected] Jumadi . [email protected] Rina Listia [email protected] <p><em>This study aims to examine the implementation of nativism perspective in Indonesian language learning in higher education. This research applies a qualitative method with a literature study approach, where written sources, such as books and journals, are the main references. The literature research method is used to find and collect references that can support and deepen the study in articles and books. The results found that nativism theory states that individual development, including language skills, is influenced by innate or genetic factors. In education, a child's learning ability, including language acquisition, is more determined by natural potential, while environmental factors play a minor role. In higher education, nativism can be applied by optimizing students' innate potential in learning Indonesian, while paying attention to mother tongue interference in phonology and morphology. An environment rich in language stimulation, such as social interaction and media use, is also important to optimally develop students' language skills.</em></p> 2025-03-16T05:22:49+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stkip-pb.ac.id/index.php/jurnal/article/view/407 PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI MEDIA BOLA PLASTIK PADA MURID SD 2025-04-30T14:39:03+00:00 M. Imran Hasanuddin [email protected] <p>This research aims to determine the improvement in learning outcomes of underpassing in volleyball games through the use of plastic balls in class IV students at SD Inpres Kassi. This research is Classroom Action Research (PTK) which consists of two cycles with test and non-test instruments to determine student learning outcomes. The subjects of this research were 24 grade IV students at SD Inpres Kassi. The results of this research show that applying the volleyball underpassing technique using a plastic ball can improve the learning outcomes of volleyball underpassing techniques for fourth grade students at SD Inpres Kassi. This can be seen from the significant increase from cycle I to cycle II. The learning outcomes of the final score in the affective, cognitive and psychomotor aspects in the first cycle of action reached 50%, while in the second cycle of action it reached 87.5%. Based on the research results obtained, it can be concluded that volleyball underpassing using a plastic ball can improve learning outcomes for volleyball underpassing in class IV students at SD Inpres Kassi.</p> <p><strong>Keywords</strong>: Bottom Passing, Volleyball, Plastic Ball Media</p> 2025-03-16T05:24:03+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stkip-pb.ac.id/index.php/jurnal/article/view/412 PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN NHT DAN TPS 2025-03-17T03:33:34+00:00 Agus Syarifuddin, Muhammad Yusuf [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajar melalui pembelajaran <em>Numbered Head Together</em> (NHT) dan <em>Think Pair Share</em> (TPS) di SMA Negeri 2 Kotabaru tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas XI. Sampel dalam penenlitian ini adalah kelas XI-1 sebanyak 20 peserta didik tipe <em>Numbered Head Together</em> dan kelas XI-2 sebanyak 20 peserta didik tipe <em>Think Pair Share</em>. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melaui tes kemampuan pemecahan masalah. Sebelumnya tes kemampuan pemecahan masalah ini telah diuji coba dikelas XI MAS Darul Ulun Kotabaru untuk mengetahui validitas, reabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal. Temuan penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang diajar melalui pembelajaran <em>Numbered Head Together</em> lebih baik dari pada peserta didik yang diajar dengan menggunakan pembelajaran <em>Think Pair Share</em>.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong><em>Pemecahan Masalah, Numbered Head Together</em>, <em>Think Pair Share.</em></p> 2025-03-16T05:25:04+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stkip-pb.ac.id/index.php/jurnal/article/view/411 ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN INTROVERT 2025-03-17T03:33:34+00:00 Noor Hasanah, Hartini, Evi Novianty [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan tingkat kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Kotabaru ditinjau dari tipe kepribadian <em>ekstrovert</em> dan <em>introvert</em>. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksploratif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian yang bersifat eksploratif dilakukan ketika isu atau fenomena yang diteliti masih belum dipahami secara mendalam. Subjek penelitian ini melibatkan 8 peserta didik dari kelas XI A1 SMAN 2 Kotabaru, dengan 4 orang di antaranya mewakili tipe kepribadian <em>ekstrovert </em>dan 4 orang lainnya mewakili tipe kepribadian <em>introvert.</em> Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik dengan tipe kepribadian <em>ekstrovert</em> berada pada tingkat LCT 2 yaitu <em>critical thinking</em>, hal ini karena peserta didik tersebut mampu memenuhi kemampuan berpikir kritis matematis. Sementara itu, tingkat kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik dengan tipe kepribadian <em>introvert</em> berada pada tingkat LCT 1 yaitu <em>basic thinking</em> yang meliputi keterampilan mengidentifikasi atau merumuskan pertanyaan, mengaplikasikan rumus, dan mengamati soal, hasil penelitian ini menunjukkan peserta didik mampu memenuhi kemampuan berpikir kritis matematis dengan menuliskan semua informasi dalam soal secara jelas dan runtut yang mencakup apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan</p> <p><strong>Kata kunci: </strong>Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Tipe Kepribadian, <em>Ekstrovert</em>, <em>Introvert</em>.</p> 2025-03-16T05:26:06+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stkip-pb.ac.id/index.php/jurnal/article/view/408 Kontribusi Koordinasi Mata-Kaki dan Kelincahan terhadap Keterampilan Menggiring Bola Pemain UKM Futsal Kotabaru Usia 18-23 Tahun 2025-03-17T03:33:35+00:00 Arham Syahban, Jusran S, Sitti Maifa, Hasniah [email protected] <p>The purpose of this study is to determine the contribution of eye-foot coordination, agility and dribbling skills of Kotabaru Futsal UKM players aged 18-23 years. The research method used is quantitative descriptive with data collection techniques through tests and measurements. The population is Kotabaru Futsal UKM players. The sample used was 27 Kotabaru Futsal UKM players aged 18-23 years. The sampling technique uses random sampling techniques. The results of the study showed that: (1) There was a contribution between eye-foot coordination and the dribbling ability of Kotabaru Futsal UKM players aged 18-23 years by 0.553 or 55.3%. (2) There was a contribution between agility and dribbling ability of Kotabaru Futsal UKM players aged 18-23 years by 0.521 or 52.1%. and (3) there was a contribution between eye-foot coordination and agility with dribbling skills of Kotabaru Futsal UKM players aged 18-23 years by 0.571 or 57.1%.&nbsp;</p> <p><strong><em>Keywords</em></strong><em>: futsal, dribbling, eye-foot coordination, agility</em></p> 2025-03-16T05:27:01+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stkip-pb.ac.id/index.php/jurnal/article/view/417 ANALYSIS OF THE USE OF LANGUAGE VARIETIES BY TRADERS IN BUYING AND SELLING TRANSACTIONS 2025-03-17T03:33:35+00:00 Alfianor, Rahmayanti, Husni Mubarak [email protected] <p>The purpose of this study is to describe the use of language varieties of traders reviewed through Sociolinguistic studies. This study uses. The method used in this study is descriptive qualitative by presenting studies and analysis of data directly related between researchers and informants who have been collected and selected data sources and analysis based on the data obtained. The instruments used by researchers are observation and documentation. Based on the results of the study obtained, there are six language varieties that can occur in the Geronggang Village market, namely, standard variety, business variety, casual variety, dialect variety, non-standard variety, and familiar variety. The factors that influence the language variety of traders in this study are situational factors, age factors, familiarity factors and sociocultural factors.</p> <p><strong>Keywords:</strong> language variety, traders, buying and selling transactions</p> 2025-03-16T05:27:54+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stkip-pb.ac.id/index.php/jurnal/article/view/393 EVALUASI PEMBELAJARAN SD: KONSEP, KEDUDUKAN, FUNGSI, TUJUAN, DAN PRINSIP 2025-03-17T03:33:35+00:00 Siti Aisah [email protected] Suminar Leistya Kencana [email protected] Tamsik Udin [email protected] <p>Penilaian pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) memegang peranan penting dalam memastikan ketercapaian kompetensi siswa sesuai kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep, kedudukan, fungsi, tujuan, dan asas evaluasi pembelajaran melalui pendekatan kualitatif dengan metode telaah pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi pembelajaran adalah proses sistematis yang digunakan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa serta mengevaluasi efektivitas pengajaran. Kedudukannya yang integral dalam pembelajaran menjadikannya alat penting bagi guru untuk mengambil keputusan berbasis data. Prinsip-prinsip seperti objektivitas, validitas, keandalan, keadilan, dan keberlanjutan menjadi landasan dalam pelaksanaan evaluasi. Beragam metode, seperti tes tertulis, observasi, portofolio, dan wawancara, digunakan untuk memberikan gambaran komprehensif mengenai kemampuan siswa. Hasil evaluasi dimanfaatkan untuk merancang program remedial bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar, program pengayaan bagi siswa berprestasi, serta memperbaiki strategi pembelajaran di masa depan. Penelitian ini menegaskan pentingnya evaluasi pembelajaran sebagai alat pengambilan keputusan yang objektif, valid, dan berkelanjutan dalam pendidikan dasar.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong><em>Evaluasi, Pembelajaran, Sekolah Dasar</em></p> 2025-03-16T05:28:56+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.stkip-pb.ac.id/index.php/jurnal/article/view/392 PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS LIVEWORKSHEET PADA MATERI PENDAPATAN NASIONAL UNTUK KELAS XI DI SMAN GLENMORE BANYUWANGI 2025-03-17T03:33:35+00:00 Lisana Oktavisanti Mardiyana [email protected] Miftakhul Zanah [email protected] Dwi Herlindawati [email protected] <p><em>The Learner Worksheets (LKPD) currently used in schools have a simple and unattractive printed format. These LKPDs only serve as a tool for providing information without being accompanied by pictures or illustrations, thus making the learning atmosphere boring for students. As a result, they easily lose interest and motivation to complete the task. In addition, teachers revealed that they have never used LKPD in electronic format. This study aims to develop E-LKPDs that comply with the eligibility standards and can meet the needs of students. The method used in the development is ADDIE, which consists of five stages: analyze, design, development, implementation, and evaluation. Based on the results of the material validation test, an average score of 87% was obtained, while the feasibility of the design scored 85.2%, both of which were included in the “very feasible” category. The suitability test showed a score of 84.5%, with the criteria “strongly agree”. Thus, it can be concluded that the liveworksheet-based E-LKPD has met the eligibility and suitability standards for use in the learning process.</em></p> <p><strong><em>Keywords</em></strong><em>: </em><em>E-LKPD, Model ADDIE, Liveworksheet, National Income</em></p> 2025-03-16T05:29:45+00:00 ##submission.copyrightStatement##